Bernuansa Budaya, IPHI Gelar Rapat Pengurus Nasional

0
25
Iphi Rapat2
Ketua Umum DPP IPHI, H. Rahmat Santoso, SH MH (tengah) Bersama sejumlah pengurus.

JOGYAKARTA. Nuansa budaya dan semangat kebangkitan tergambar dalam Rapat Pengurus Nasional Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) yang digelar DPP IPHI di Jogyakarta, 6-8 September 2019.

Selain membahas rancangan program kerja dan kosilidasi pengurus pusat dan daerah, Ketua Umum DPP IPHI, Rahmat Santoso SH. MH juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada sejumlah ketua DPD IPHI, khususnya di wilayah Sumatera.

“Total sudah ada 27 kepengurusan IPHI di seluruh Indonesia. Beberapa SK baru kita keluarkan, seperti Medan, Lampung,  sebagian besar dari Pulau Sumetera dan beberapa wilayah lain. Mereka sudah mengelar Musda, tapi beberapa belum ada SK nya, ” ujar Rahmat Santoso.

Iphi Rapat

Dengan terbitnya sejumlah SK ini, Rahmat Santoso berharap keberadaan IPHI sebagai salah satu organisasi advokat pioner di Indonesia bisa semakin berkembang.

“Setelah pulang ke daerah, mereka harus segera membentuk kepengurusan dan menjalankan organisasi sebaik mungkin. Semua sudah berkomitemen untuk menjalankan program-program yang sudah disepakati bersama,” ujarnya.

Sejak setahun terakhir, IPHI yang sempat mati suri memang mulai bangkit kembali setelah dipegang Rahmat Santoso yang terpilih dalam Munas IPHI di Surabaya. Berbagai pembenahan internal dilakukan termasuk mendapatkan pengesahan dari Kemenkumham

Kunjungi Keraton dan Museum

Gelaran Rapat Pengurus Nasional DPP Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) di Jogyakarta, 6-9 September 2019, bukan hanya ajang konsilidasi antar pengurus pusat dengan daerah.

Namun juga dimanfaatkan oleh sejumlah pengurus IPHI dari berbagai daerah untuk belajar mengenal kembali budaya Indoensia. Sebab, Jogyakarta bukan hanya kaya wisata alam, namun juga terpendam banyak sejarah budaya Indonesia.

Iphi Jogya
Seperti yang dilakukan rombongan dari DPP IPHI Jawa Timur. Setelah acara Rapat Pengurus Nasional selesai, Ketua DPD IPHI Jatim, Joko Suwignyo SH, MH mengajak sejumlah pengurus dan ditemani juga Ketua Umum DPP IPHI, Rahmat Santoso SH, MH mengunjungi Museum dan Keraton Jogyakarta.
Iphi Jogya2
“Jogya ini Kota Istimewa salah satunya karena menyimpan banyak warisan budaya. Sekalian kita mengenang dan belajar kembali budaya Indonesia. Sebab, dalam semua dimensi kehidupan, termasuk beroganisasi kita juga harus berbudaya dan beretika, ” ucap Rahmat Santoso yang terlihat antusias melihat berbagai benda pusaka di Museum dan Keraton Jogyakarta.  (kiki/tom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here